You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa PADASUKA

Kec. Kutawaringin, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

SOSIALISASI IVA TEST POKJA IV PKK DESA PADASUKA KECAMATAN KUTAWARINGIN


SOSIALISASI IVA TEST POKJA IV PKK DESA PADASUKA KECAMATAN KUTAWARINGIN

Apa itu IVA Test ?

IVA test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat, atau dikenal juga dengan sebutan visual inspection with acetic acid. Seperti namanya, IVA test adalah suatu cara mendiagnosis dini kemungkinan adanya kanker serviks dengan menggunakan asam asetat.

Kapan Tes IVA Bisa Dilakukan ?

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, data Globocan 2018 menunjukkan bahwa jumlah kasus kanker baru di Indonesia, yakni sekitar 348.809.

Peringkat tertinggi dari jumlah kasus penyakit kanker tersebut diduduki oleh kanker payudara, dan diikuti oleh kanker serviks di urutan kedua.

Angka kasus kejadian kanker serviks diperkirakan sekitar 23 orang per 100.000 penduduk. Atas dasar inilah, para wanita disarankan untuk melakukan deteksi dini.

Tes IVA adalah salah satu pilihan untuk deteksi dini kanker serviks. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan IVA?

Salah satu kelebihan tes IVA ketimbang pemeriksaan lainnya adalah aman dilakukan kapan pun. Sebelum, saat, dan sesudah menstruasi tak jadi masalah.

Bolehkah Tes IVA dilakukan saat hamil ?

Deteksi kanker serviks sebenarnya tidak diperlukan saat hamil. Hal ini disebabkan, hasil deteksi kanker serviks saat kehamilan menjadi lebih sulit ditentukan. Jika ingin melakukan hal tersebut, lakukanlah pada minggu ke-12 pascamelahirkan.

Meski demikian, jika sebelumnya Anda pernah mendapat hasil yang tidak baik pada deteksi dini kanker serviks, tes IVA saat hamil mungkin butuh dilakukan. Pada dasarnya, tes IVA ini tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda.

Baca selengkapnya di : https://hellosehat.com/kanker/kanker-serviks/iva-test/

 

Bagikan artikel ini:
Komentar