Selamat Datang di Website Resmi Desa Padasuka

Artikel

Sejarah Desa

27 Agustus 2016 02:38:09  Administrator  19.086 Kali Dibaca 

Sejarah Singkat Desa Padasuka.

Konon  menjelang pertengahan  abad ke dua puluh, di suatu daerah yang sekarang disebut Padasuka berdiri dua desa yang masing-masing disebut Desa Citiru dan Desa Cikupa .

Desa Citiru dikepalai oleh seorang kepala desa yang bernama H. Syafi’i. Beliau terkenal seorang kepala desa  yang arif dan bijaksan dan mampu membawa masyarakat menjadi masyarakat yang berkecukupan

 

Sebagai pusat pemerintahan ( tempat kantor desa ) terletak di kampung Pangauban . Kata pangauban itu sendiri mengandung arti/bermakna tempat berlindung. Pemberian nama ini erat kaitannya dengan prilaku/kebijakan sang kepala desa yang senantiasa mampu melindungi dan memberi bantuan kepada segenap lapisan masyarakat, terutama dalam bidang kebutuhan pokok. Bahkan masyarakat dari luar desapun berdatangan untuk meminta bantuan.

Sebagai kepala desa beliau mampu mendirikan sebuah lumbung paceklik yang mampu menanggulangi kebutuhan pangan masyarakat dimusim tigerat ( paceklik ). Modal dasar lumbung berasal dari perelek dan penghasilan dari penjualan buah pinang yang sengaja ditanam di sepanjang jalan desa.

Betapa hebatnya sang kepala desa mengelola lumbung. Dalam perkembangannya kekayaan lumbung inilah yang menjadi sebagian dari modal dasar untuk pembelian carik desa, yang sampai sekarang mampaatnya bisa dirasakan/dinikmati oleh para aparat desa secara periodik.

Dilain pihak desa Cikupa dikepalai oleh Rd.M.E. Martadiredja. Berkedudukan di kampung Cikupa . Berdasarkan informasi dari  nara sumber, pada masa pemerintahannya beliau pernah mendapat penghargaan berupa bintang jasa dari pemerintah pusat. Karena itulah beliau terkenal dengan julukan lurah bintang.

Hal penting di catat beliaulah pelaksana pembelian tanah carik desa yang sampai sekarang menjadi modal dasar pendapatan asli daerah desa padasuka. Selain itu beliau juga yang memprakarsai pembuatan jembatan Rawayan ( sasak Rawayan ) yang menghubungkan desa padasuka dengan desa Soreang. ( Sekarang desa pamekaran )

Proses berdirnya Desa Padasuka terjadi pada menjelang pertengahan abad ke dua puluh.

 

Seiring dengan perkembangan situasi dan kondisi politis pada waktu  itu

keluar perintah dari pemerintah pusat untuk memprsatukan desa Citiru dan Desa Cikupa.

Para tokoh masyarakat/ terkemuka dari kedua desa berkumpul,duduk bersama bermusyawarah untuk memoersatukan desa Citiru dengan desa Cikupa dalam satu sistem pemerintahan.

Akhirnya kedua belah pihak sepakat mempersatukan kesua desa tersebut dengan sebutan desa Padasuka. yang artinya sama-sama suka ,sama-sama setuju untuk bersatu. Sejak itu berdirilah desa Padasuka dengan kepala desa pertema dipercayakan kepada Rd.M.E Martadiredja.

Kepala desa yang pernah memerintah di desa Padasuka secara berurutan adalah sebagai berikut.

  1. Rd. ME. Martadiredja dengan julukan lurah bintang.
  2. Bapak Ale.
  3. Bapak Danu
  4. Bapak Enggun NS.
  5. Bapak Dudung Abduahman
  6. Bapak Dudung Abdurahman
  7. Bapak Aep Rohidi
  8. Bapak Koswara.
  9. Bapak Engkus Koswara.
  10. Bapak Apidin 
  11. Bapak H. Dedi Supriadi sejak tahun 2021 s/d .....

Pada masa pemerintahan bapak Enggun NS. Desa padasuka dimekarkan menjadi dua desa yaitu desa Sukamulya dan desa Padasuka.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Desa

 Peta Wilayah Desa

 Sinergi Program

Kabupaten Bandung Kecamatan Kutawaringin DPMD KAB. BANDUNG
DISKOMINFO KAB. BANDUNG PRODESKEL JDIH KAB. BANDUNG

 Statistik

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Padasuka No. 63 Rt 01 Rw 01
Desa : Padasuka
Kecamatan : Kutawaringin
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40911
Telepon : 0225892625
Email : padasuka@desa.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:291
    Kemarin:430
    Total Pengunjung:62.106
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.95.233.107
    Browser:Tidak ditemukan